Sirekap Bermasalah, Roy Suryo Sarankan IT KPU Diperiksa dan Diaudit Forensik

Nasional, News, Politik207 Views


loading…

Pemerhati Telematika, AI, OCB & Multimedia Independen, Roy Suryo menyebut IT Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus diperiksa dan dilakukan audit forensik. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Pemerhati Telematika, AI, OCB & Multimedia Independen, Roy Suryo menyebut IT Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus diperiksa dan dilakukan audit forensik. Hal itu dilakukan agar legitimasi data yang dihasilkan Sirekap dapat dipercaya dan sah secara hukum untuk Pemilu 2024.”Tegas saya sarankan periksa dan audit forensik IT KPU agar legitimasi data yang dihasilkan bisa dipercaya dan sah secara hukum untuk hasil Pemilu 2024,” ujar Roy Suryo dalam keterangannya, Sabtu (17/2/2024).

Menurutnya, jika pemeriksaan tidak dilakukan maka aplikasi Sirekap dinilai tidak legitimate. Imbasnya keabsahan data yang dikeluarkan akan selalu dipertanyakan.

Roy menjelaskan bahwa Sirekap yang berbasis OCR (Optical Character Recognizer) dan OMR (Optical Mark Reader) ini bukan hal baru. Ia pun menilai KPU gagal memanfaatkan secara maksimalkan aplikasi tersebut hingga banyaknya kesalahan dan menjadi obrolan di lini masa pasca Pemilu 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *