Sejarah 14 Maret 1980, Bung Hatta Meninggal Dunia

Nasional, News39 Views


loading…

Mohammad Hatta (Bung Hatta). Foto/Istimewa

JAKARTA – Salah seorang Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Mohammad Hatta ( Bung Hatta ) meninggal dunia pada 14 Maret 1980. Hatta meninggal dunia pada pukul 18.56 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta setelah sebelas hari dirawat di sana.Bung Hatta merupakan wakil presiden (wapres) pertama. Berdasarkan data dari laman wapresri.go.id, pria kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 ini menjadi wapres mendampingi Soekarno pada 1945 hingga 1956.

Bung Hatta memiliki nama lahir yang berbeda dengan nama yang kini dikenal publik. Bung Hatta yang lahir 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, pada mulanya diberi nama Mohammad Athar oleh orang tuanya, Muhammad Djamil dan Siti Saleha.

Athar berasal dari bahasa Arab, yang berarti harum. Namun, karena orang-orang tua dan orang di lingkungan tempat tinggalnya sulit menyebutkan nama Athar, sehari-hari pria yang juga wakil presiden pertama RI tersebut dipanggil ‘Atta’. Lama-kelamaan, sapaan itu berkembang menjadi ‘Hatta’, seperti yang kita kenal saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *