Ini Alasan Kevin Sanjaya Putuskan Pensiun Dini Dari Bulu Tangkis

KabarMakassar News — Melalui media sosial pribadinya, Kevin Sanjaya Sukamuljo secara resmi membuat pengumuman bahwa dirinya akan berhenti dan pensiun dini dari dunia bulu tangkis.

Pemain ganda putra Indonesia ini, mengungkapkan rasa syukur atas karir luar biasa yang dimilikinya.

Pemprov Sulsel

Mulai menjamah bulu tangkis di umur yang sangat muda pada usia 5 tahun. Ia merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-cita sebagai atlit nasional di umur 12 tahun. Hingga akhirnya pada tahun 2013 Kevin mendapat kesempatan untuk bergabung ke PBSI di kota Jakarta.

“Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan Marcus Fernaldi sampai saat ini,” terangnya pada Kamis, (16/5).

Kevin menyampaikan walau ia dan Marcus belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World championship tetapi dia sangat bersyukur atas segala capaiannya.

“Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini. Saya telah berfikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini,” jelas Kevin untuk menegaskan dirinya telah gantung raket secara resmi dalam dunia bulu tangkis.

Ia menjelaskan pengalaman cidera bahu yang dialaminya dari 2017 lalu tidak kunjung membaik. Partnernya dalam bermain bulu tangkis juga turut cidera dan mengakibatkan perebutkan tiket ke olimpiade 2024 menjadi tidak mungkin.

Kevin lalu melanjutkan ketika dirinya mendapat kesempatan memiliki partner yang baru. Ia merasa kurang pas dengan komposisi tersebut karena kedua pemain merupakan pemain depan.

“Saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah kedepan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas,” ujarnya.

Ia kemudian mendapatkan jawabannya pada pertengahan bulan Januari 2024. Tetapi jawaban yang di berikan padanya tidak sesuai harapan dan ia menyatakan tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas.

Akhirnya di akhir bulan Febuari Kevin memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini,” ucapnya.

Kevin pun meminta maaf kepada para pendukungnya apabila mereka kecewa dengan keputusan yang diambilnya.

“Ketauilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa di bilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya,” tuturnya.

Diakhir unggahan resminya, Kevin Sanjaya Sukamuljo pamit dan memohon doa untuk dirinya, Valen (istri) dan Avery (anaknya) untuk perjalanan mereka berikutnya.

PDAM Makassar
bulu tangkis Kevin Sanjaya pensiun dini Penulis: Nofisari RahayuningtyasEditor: Ardiyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *