Sebut Angin Kencang di Bandung-Sumedang Tornado, BRIN Ungkap 4 Ciri-cirinya

Nasional, News39 Views


loading…

Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin menyebut angin kencang yang melanda Bandung dan Sumedang adalah tornado. Foto/MPI/agung bakti sarasa

JAKARTA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) angkat bicara terkait peristiwa bencana alam berupa angin puting beliung yang menerjang wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang pada Rabu, 21 Februari 2024.Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, Erma Yulihastin mengatakan, bencana alam tersebut bukanlah angin puting beliung melainkan tornado. Menurutnya, bencana tornado itu merupakan yang pertama kali terjadi di Indonesia.

“Oh iya jelas, ini sudah first time. Dari analisis visual saja, kita bisa pastikan ini beda nih, ini bukan puting beliung yang biasanya terjadi di wilayah kita, yang sulit dideteksi. Karena mikro, ini bukan mikro lagi, ini meso. Tornado itu meso,” ucap Erma saat dihubungi, Kamis (22/2/2024).

Erma menjelaskan, terdapat empat faktor yang membedakan antara puting beliung dengan tornado. Pertama, dilihat dari skala kecepatan anginnya. Menurutnya, tornado mempunyai kecepatan angin mencapai angka 65 hingga 67 kilometer/jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *