4 Danjen Akademi TNI dari Angkatan Darat Satu Dekade Terakhir, Tiga di Antaranya melalui Karier Pangdam Diponegoro

Nasional, News406 Views

loading…

Upacara Serah Terima Jabatan Pejabat Tinggi di lingkungan Mabes TNI, bertempat di Aula Gatot Soebroto Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (27/3/2024). FOTO/DOK.AKADEMI TNI

JAKARTA – Terdapat empat Danjen Akademi TNI yang berasal dari satuan TNI AD dalam satu dekade terakhir. Dari jumlah itu, tiga di antaranya pernah menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro . Danjen Akademi TNI merupakan pemimpin lembaga pendidikan integrasi tiga matra di Tentara Nasional Indonesia (TNI), yakni Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya, dan Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta. Jabatan Komandan Jenderal Akademi TNI diduduki oleh Perwira Tinggi (Pati) berpangkat bintang tiga (Letnan Jenderal/TNI AD, Laksamana Madya/TNI AL, atau Marsekal Madya/TNI AU).

Sampai saat ini tercatat sudah sebanyak 40 nama yang pernah menjabat sebagai Danjen Akademi TNI dari 1966 hingga 2024. Dari jumlah itu, 14 di antaranya berasal dari TNI AD. Sementara dalam satu dekade terakhir, hanya ada 4 Pati TNI AD yang menduduki jabatan tersebut, sisanya 5 dari TNI AL dan 2 dari TNI AL.

4 Danjen Akademi TNI yang Berasal dari TNI AD dalam Satu Dekade Terakhir

1. Letjen TNI (Purn) Bayu Purwiyono

FOTO/DOK.TNI ADLetjen Bayu Purwiyono termasuk Pati TNI AD yang mengemban jabatan Danjen Akademi TNI dalam satu dekade terakhir. Pria kelahiran 16 September 1959 ini menjabat pada periode 7 Agustus 2015–29 September 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *