Mengenal Teknologi Video Assistant Referee (VAR) Penyebap Kartu Merah Indonesia dalam Laga Semifinal U-23 Indonesia VS Uzebekistan

Breaking News156 Views


Kabar Makassar–Video Assistant Referee [VAR] merupakan sebuah teknologi yang digunakan dalam sepakbola untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan yang sulit atau kontroversial selama pertandingan. Sistem VAR menggunakan kamera video yang ditempatkan di sekitar lapangan untuk merekam berbagai sudut dan momen penting dalam pertandingan.

Wasit di ruang kontrol kemudian memantau rekaman tersebut dan memberikan masukan kepada wasit lapangan melalui komunikasi audio atau visual ketika situasi yang membutuhkan peninjauan muncul. Wasit di lapangan kemudian dapat memutuskan apakah ingin meninjau situasi tersebut secara langsung dengan melihat rekaman atau menerima saran dari wasit di ruang kontrol.

VAR digunakan untuk membantu wasit dalam keputusan-keputusan penting seperti gol, penalti, kartu merah, dan kejadian-kejadian penting lainnya yang dapat mempengaruhi jalannya pertandingan. Meskipun tidak semua liga atau kompetisi sepakbola menggunakan VAR, teknologi ini semakin populer dan menjadi bagian penting dari upaya untuk meningkatkan keadilan dalam sepakbola.

Berikut sistem kerja VAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *